Home » » Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

LATAR BELAKANG BERDIRINYA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) STAI PANCAWAHANA

Penyediaan tenaga guru di tingkat pendidikan dasar merupakan persoalan tersendiri. Lulusan Strata Satu (S1) yang umumnya diproyeksikan sebagai calon guru sekolah menengah secara akademik tidak sesuai dengan kebutuhan pendidikan di tingkat dasar. Sekalipun dari segi penguasaan bahan ajar tidak sulit dikuasai, namun tingkat usia anak didik menuntut pendekatan, metodologi maupun strategi pembelajaran yang lebih spesifik. Oleh karenanya, lulusan S1 umumnya menghadapi beban sosio-psikologis bilamana harus mengajar pada satuan pendidikan di bawah tingkatan kompetensinya, sebab bagaimanapun mereka lebih suka mengajar di sekolah lanjutan dari pada tingkat dasar. Lain halnya bilamana calon pengajar MI berasal dari mereka yang secara mental dan professional memang disiapkan melalui pengalaman akademik yang secara khusus dipersiapkan untuk mengelola pembelajaran tingkat dasar, baik dari segi kesiapan mental, keluwesan, maupun penyesuaian bahan dan pendekatan pembelajarannya.

Tuntutan standar profesional guru yang mempersyaratkan pendidikan minimal Diploma 4 atau Strata Satu (S1) akan menghadapi kendala bilamana program penyiapan tenaga pendidikan MI tidak segera terfasilitasi. Fakultas Tarbiyah sebagai lembaga yang berkompeten dalam pengembangan pendidikan mempunyai posisi strategis sebagai basis pengembangan ilmu, sistem maupun tenaga pendidikan madrasah.

Pada tahun 2016 STAI Pancawahana Bangil mempunyai tekad membuka Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, untuk memberikan kesempatan bagi tenaga pendidik Madrasah Ibtidaiyah di sekitar pasuruan yang belum linier sesuai dengan gelar akademiknya untuk menempuh jalur pendidikan sesuai tuntutan pemerintah bahwa guru kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) harus lulusan dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) . STAI Pancawahana satu-satunya Perguruan Tinggi di Wilayah Pasuruan yang menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Guru Ibtidaiyah (PGMI).

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU IBTIDAIYAH (PGMI) STAI PANCAWAHANA

Terwujudnya Perguruan Tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan Islam dan teknologi serta melahirkan Sarjana yang berakhlaqul karimah, profesional dan mampu menjadi penggerak pembangunan.

MISI PROGRAM STUDI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) STAI PANCAWAHANA

1. Mendidik mahasiswa menjadi masyarakat yang bermoral, memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
4. Meningkatkan kegiatan kemahasiswaan.
5. Melaksanakan pembinaan civitas akademika dan saling berhubungan dengan lingkungan.

TUJUAN PROGRAM STUDI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) STAI PANCAWAHANA

1. Menyiapkan mahasiswa agar menjadi anggota masyarakat yang beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT, jujur, berakhlaqul karimah, berkepribadian utuh, mandiri, cerdas, memiliki kemampuan akademik, profesional dan kemampuan untuk menerapkanya, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni yang islami serta memiliki tanggung jawab kemasyarakatan dan keagamaan yang tinggi.
2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni yang Islami serta mengupayakan pengenalan, pengalaman dan pemanfaatanya untuk meningkatkan tarap kehidupan masyarakat dan kemaslahatan umat.