Home » » Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam

Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam

LATAR BELAKANG BERDIRINYA PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN / KOSELING ISLAM (BPI) STAI PANCAWAHANA BANGIL

Peran guru Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) sangat penting dalam melakukan pembentukan karakter pada siswa, setidaknya, merekalah yang jauh lebih bisa memahami siswa lebih dari guru-guru yang lainnya, san mampu melakukan pendekatan lebih ke arah emosional dan psikologi. Pendidik memegang peranan penting agar proses pendidikan terhadap siswa di sekolah berjalan maksimal dan optimal. Sebutan pendidik ini tak hanya guru kelas dan guru bidang studi, tetapi juga guru Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) atau seringkali disebut konselor.

Sebagaimana tugas-tugas yang dilakukan guru kelas ataupun guru bidang studi, Guru BPI juga tak bisa menghindar dari interaksi dengan siswa. Guru BPI berusaha memberikan layanan kepada siswa dengan tujuan agar siswa mencapai kehidupan bermakna bagi diri dan selanjutnya dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungannya. Proses pendidikan yang hanya melaksanakan bidang administrative dan pengajaran dengan mengabaikan bidang bimbingan mungkin hanya menghasilkan individu siswa yang pintar dan terampil dalam aspek akademik, tetapi kurang memiliki kemampuan atau kematangan dalam aspek psikososiospiritual. Proses pendidikan di sekolah tentu saja tak sekedar memberikan materi pelajaran eksata maupun non-eksata dan mengasah keterampilan, tetapi juga membangun kepribadian siswa.

Guru BPI di sekolah dapat memberikan layanan agar siswa memiliki konsep diri yang jelas. Layanan BPI yang memberikan kepada siswa tak hanya menyangkut persoalan belajar dan sosial. Layanan BPI juga menyangkut persoalan pribadi, karir, dan sebagainya. Dengan adanya BPI di sekolah, siswa harapannya dapat mengenal dan memahami dirinya untuk dapat mengaktualisasikan dirinya demi mencapai kehidupan yang bermakna Guru BPI di Indonesia jauh dari memadai. Untuk mengikuti rasio ideal di mana seorang Guru BPI membimbing 150 siswa, di Indonesia membutuhkan 129 ribu Guru BPI. Yang ada pada saat ini baru sekitar 3.000 guru, sehingga Indonesia masih membutuhkan atau masih kekurangan 126 ribu guru Bimbingan Penyuluhan. Dari 3.000 Guru BPI itu, masih sangat banyak di antaranya yang bukan lulusan prodi Bimbingan Penyuluhan. Ini salah satunya disebabkan oleh masih sedikitnya perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang membuka prodi BPI. Terhitung jumlah PTN maupun PTS di seluruh Indonesia yang memiliki prodi BPI hanya 185 saja.

Berdasarkan latar belakang, pokok-pokok pikiran, dan alasan-alasan di atas STAI Pancawahana mempunyai tekad untuk membuka Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). Menurut survey data di lapangan sebelum kami membuka Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam ini, bahwa tenaga pendidik Bimbingan Penyuluhan / Konseling di lembaga pendidikan Islam yang berada di wilayah Pasuruan belum sesuai dengan latar belakang pendidikannya, karena tidak adanya Perguruan Tinggi yang menyediakan Program Studi Bimbingan Penyuluhan / Konseling. VISI PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN / KOSELING ISLAM (BPI) STAI PANCAWAHANA BANGIL

Program studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) memiliki visi yaitu: “Terwujudnya Program Studi yang unggul terkemuka dan pengembang ilmu Bimbingan Penyuluhan yang Islami serta mampu mencetak konselor yang siap menghadapi masalah yang timbul di sekolah”.

MISI PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN / KOSELING ISLAM (BPI) STAI PANCAWAHANA BANGIL

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) mempunyai misi sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Bimbingan Penyuluhan yang Islami.
2. Mengembangkan Ilmu Bimbingan dan Penyuluhan untuk mencetak Manusia yang berkepribadian Islami.
3. Menyelenggarakan kegiatan akademik yang terbuka dan menjalin hubungan kerjasama yang bersinergi dengan berbagai pihak.
4. Mengembangkan kajian dan penelitian dibidang Bimbingan Penyuluhan yang islami.
5. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di bidang Bimbingan dan Penyuluhan yang Islami.

TUJUAN PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN / KOSELING ISLAM (BPI) STAI PANCAWAHANA BANGIL

Tujuan Umun Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) adalah:
1. Mencetak sarjana S-1 Pendidikan Islam di bidang Bimbingan dan Penyuluhan dan Konselor profesional yang memiliki pengetahuan wawasan serta keterampilan dalam memberikan layanan Bimbingan dan Penyuluhan secara islami.
2. Mencetak sarjana S-1 Pendidikan Islam dalam bidang Bimbingan dan Penyuluhan dan Konselor profesional yang peka terhadap permasalahan yang dihadapi anak didik dalam belajar.
3. Mencetak sarjana S-1 Pendidikan Islam dalam bidang Bimbingan melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Bimbingan dan Penyuluhan Islam.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN / KOSELING ISLAM (BPI) STAI PANCAWAHANA BANGIL

Setelah mahasiswa menyelesaikan program pembelajaran di BPI STAIPANA, mereka diproyeksikan dapat menekuni profesi-profesi berikut ini:
1. Konselor Islam di bidang pendidikan Islam, keluarga, sosial dan masyarakat.
2. Perancang dan atau trainer pelatihan pendidikan, organisasi dan pengembangan diri.
3. Asisten Peneliti.
4. Pelaku Usaha Mandiri