Home » » LAMBANG, ARTI PANCAWAHANA , BENDERA, MARS DAN BUSANA AKADEMIK

LAMBANG, ARTI PANCAWAHANA , BENDERA, MARS DAN BUSANA AKADEMIK

LAMBANG

1.Bentuk dan Unsur Lambang :
a. Wadah gambar adalah bentuk segi lima sama sisi dengn sisi lentur. Segi lima melambangkan dasar falsafah negara Indonesia yaitu Pancasila dan menumbuhkan Rukun Islam.
b. Lingkaran dalam perut segi lima melambangkan keteguhan dan kebulatan tekat para pendiri/pemrakarsa untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan manusia seutuhnya.
c. Empat buah kitab “Kuning” melambangkan Aqidah ala Ahlussunanah wal jama’ah (Aswaja) yang menganut salah satu empat madzhab yang ada dalam Islam :
- Tiga buah kitab kuning yang tertata berdiri tegak melambangkan Tri Darma Perguruan tinggi, serta Kesatuan Iman, Islam dan Ihsan. - Sebuah kitab yang terbuka melambangkan sumber ilmu pengetahuan.
- Sehelai bulu angsa (alat untuk menulis) melambangkan suatu cita-cita yang tinggi untuk mencetak calon-calon cendekiawan yang bertaqwa, yang merupakan harapan masyarakat dan bangsa.
d. Padi dan Kapas melambangkan tersedianya cukup sandang dan pangan serta kesuburan daerah Bangil sebagai kota agraris guna tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran dimana STAI Pancawahana Bangil tumbuh dan berkembang.
- 17 (tujuh belas) butir padi melambangkan sejumlah tujuh belas rakaat dalam melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam.
- 9 (sembilan) bunga kapas melambangkan sejumlah sembilan bintang bagian dari lambang jam’iyah Nahdlatul Ulama’
e. Pita pengikat bertuliskan STAI PANA melambangkan keberanian dan semangat juang dari Jam’iyah NU Cabang Bangil yang membekali terbentuknya sebuah Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil.

(2) Warna Lambang
a. Warna dasar = Hijau
b. Garis Lentur = Hitam
c. Kitab = Kuning
d. Bulu Angsa = Hitam
e. Padi = Kuning bergaris hitam
f. Kapas = Putih berkelopak
g. Pita = Putih
h. Tulisan = Kuning emas

(3) Arti Warna Lambang :
a. Hijau : Melambangkan kesuburan, kesegaran jiwa dan kedamaian
b. Kuning : Melambangkan keheningan dan semangat bagi umat yang mengagungkan asma Allah
c. Hitam : Melambang ketegasan dalam ilmu pengetahuan
d. Kuning Emas : Melambangkan kemuliaan, keluhuran, kebesaran jiwa dan toleransi.
e. Putih : Melambangkan kesucian

ARTI PANCAWAHANA

(4) Arti Pancawahana :

Panca = lima
Wahana = Sarana untuk mencapai suatu tujuan.
Pancawahana = Sarana untuk mencapai lima tujuan, yaitu :
1. Mencetak Sarjana Muslim yang bertakwa kepada Allah SWT
2. Mencetak Sarjana Muslim ahli didik dan dakwah yang berjiwa Pancasila sekaligus sebagai pelopor pembangunan penuh dedikasi tinggi untuk mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan.
3. Mencetak dan menghasilkan Sarjana Muslim Alhlussunnah wal Jama’ah yang senantiasa menjunjung tinggi nama, martabat dan almamater dalam setiap tindakan.
4. Mendidik dan menghasilkan Sarjana muslim yang terampil, bersedia dan turut aktif dalam setiap perjuangan untuk pembangunan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
5. Mendidik dan menghasilkan sarjana muslim yang senantiasa mengabdi untuk kepentingan agama, Bangsa dan Negara.

BENDERA

(5) Bendera: STAI PANA mempunyai bendera yang berbentuk persegi panjang bergambar logo STAIPANA, warna dasar hijau, tulisan dan garis lambang berwarna kuning dan putih, bertuliskan Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil.

MARS PANCAWAHANA

STAI PANA mempunyai Mars yang disebut Mars STAI PANA :
Do = C, ¾ di Marcia , Arr. Sita Bhudaya
Wahai mahasiswa-mahasiswi STAI Pancawahana
Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Tuk menuju insan mulya
Sarjana yang siap bangun jiwa
Harapan nusa, bangsa, agama

Siapkan dirimu
Dunia menantimu
Nuju jalan kebenaran
Kaji ruh islam

Kembang tumbuhkan dibumi tercinta
Cahyamu akan bersinar terang
Di persada Nusantara
Pancawahana almamater tercinta
Jayalah selamanya

BUSANA AKADEMIK

(1) Busana akademik terdiri dari toga jabatan dan toga wisudawan.
(2) Toga jabatan adalah jubah yang dikenakan oleh Ketua, Pembantu Ketua, Ketua Jurusan, Ketua Program, Guru Besar dan Anggota Senat.
(3) Toga jabatan digunakan pada upacara akademik yaitu Upacara Hari Jadi STAI PANA, Wisuda Sarjana, Wisuda Program Diploma dan Upacara penganugerahan gelar doktor kehormatan.
(4) Toga jabatan terbuat dari bahan/kain wol polos yang berwarna hitam, berukuran besar sampai ke bawah lutut, dengan bentuk lengan panjang melebar kearah pergelangan tangan. Pada pergelangan tangan dilapisi bahan bludru berwarna hitam selebar kurang lebih 12 cm. pada bagian atas lengan sebelah luar dan pada bagian punggung toga terdapat lipatan-lipatan (plooi). Leher toga dan sepanjang garis pembuka dilapisi bludru dengan warna : hijau tua untuk toga Ketua dan Pembantu Ketua, kuning emas untuk toga Guru Besar, dan untuk toga jabatan lainnya disesuaikan dengan warna masing-masing jurusan/programnya.
(5) Toga jabatan dilengkapi dengan topi jabatan dan kalung jabatan dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Topi jabatan adalah penutup kepala terbuat dari bahan warna hitam berbentuk segi lima sisi masing-masing 20 cm. di tengahnya terdapat hiasan kuncir lilitan benang berwarna sesuai dengan leher/garis pembuka toga(warna sekolah tinggi, jurusan dan lain-lain)
b. Kalung jabatan Ketua dikenakan di atas toga jabatan, berbentuk rangkaian lambang STAIPANA terbuat dari logam tipis berwarna kuning emas. c. Kalung jabatan Pembantu Ketua, ketua Jurusan dan Ketua Program terbuat dari bahan yang sama dengan Ketua tetapi dalam ukuran lebih kecil dan berwarna perak.
d. Kalung jabatan guru besar terbuat dari pita selebar 10 cm berwarna lambang jurusan.
e. Kedua ujung pita kalung jabatan dipertemukan dengan lambang STAI PANA yang terbuat dari bulatan logam tipis garis tengah 10 cm berwarna kuning emas.
(6) Toga wisudawan adalah jubah yang dikenakan pada upacara wisuda oleh para wisudawan yang telah menyelesaikan studi di lingkungan STAI PANA baik program Sarjana S1, Pasca Sarjana S2 maupun program profesi.
(7) Toga wisudawan terbuat dari kain berwarna hitam, ukuran besar dan panjang sampai bawah lutut, lengan panjang dan merata, adanya lipatan (plooi) pada lengan atas dan punggung toga. Tampak (bagian) belakang toga wisudawan berbeda pada lebar toga antara jenjang studi: Sarjana (S1) persegi empat sedangkan program profesi berbentuk bundar.
(8) Kelengkapan toga bagi wisudawan adalah topi wisudawan yang berbentuk, ukuran dan warnanya sama dengan topi jabatan. Hiasan kuncir wisudawan sesuai dengan warna jurusan/programnya.

SUSUNAN ORGANISASI

Struktur organisasi STAI PANA terdiri atas :
(1) Yayasan Waqfiyah NU Bangil
(2) Ketua STAI PANA
(3) Wakil Ketua Bidang Akademik
(4) Wakil Ketua Bidang Sarana Prasarana dan Keuangan
(5) Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan
(6) Senat STAI PANA
(7) Jurusan-jurusan dan Program Studi
(8) Kelompok Pengajar/Dosen
(9) Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
(10) Kepala Tata Usaha (Ka. TU)
(11) Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
(12) Bagian Administrasi umum
(13) Bagian Aministrasi Keuangan
(14) Unit Pelaksana Teknis
a. Bagian/Kepala Perpustakaan
b. Bagian/Kepala Laboratorium Bahasa dan Komputer
c. Bagian Kepala Micro Teaching
d. Unit Pelaksana Teknis Lainnya
(11) Dewan Penyantun
(12) BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)/Republik Mahasiswa